Alternative flash content

To view this Flash you need Javascript on your browser and updated version of flash player.

Sebuah Kisah Kasih Bapa

ERA PEMBARUAN DAN MULTIPLIKASI

Dr. Jeff Hammond

Di dalam Matius 9:17, Yesus berkata: “Anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.”
Melalui ayat ini, Yesus memberi tantangan untuk kita memilih di antara air anggur baru atau kantong kulit yang tua. Air anggur baru berbicara tentang manifestasi kehidupan Kristus yang membawa transformasi & multiplikasi sedangkan kantong kulit yang tua berbicara tentang struktur lama yang dahulu diurapi & dipakai secara luar biasa tetapi kini tidak lagi mampu memuat air anggur yang baru.

1979-1986
Era Abbalove Ministries sebagai Kantong Kulit yang Baru
Roh Kudus dengan dahsyat telah melahirkan suatu gerakan di kampus/universitas. Seorang pemuda, Sofjan Sutedja menyaksikan kasih Kristus kepada dua pemuda lain, Samiton Pangellah & Eddy Leo. Mereka berdua menjadi pengikut Kristus. Inilah cikal bakal pelayanan kampus yang kemudian membawa ratusan siswa-siswi diberkati dengan air anggur baru. Komunitas mahasiswa ini menemukan kantong kulit yang baru, suatu struktur yang cukup fleksibel untuk menerima air anggur baru dengan pemulihan kepenatuaan majemuk, imamat rajani, lima jawatan, persatuan Tubuh Kristus, kasih Bapa & penggenapan Amanat Agung.

1986-2006
Era Pertumbuhan Abbalove Ministries
Gerakan pelayanan kampus ini kemudian berkembang pesat menjadi gerakan Tubuh Kristus. Dengan identitas sebagai Abbalove Ministries (Gereja Yesus Kristus Tuhan), jemaat ini berkomitmen untuk menjadi berkat kepada Tubuh Kristus lainnya. Abbalove Ministries bertekad untuk fokus membangun jemaat di Jakarta , Bali & Lombok . Untuk daerah lainnya, Abbalove Ministries bekerja sama dengan gereja-gereja lokal setempat untuk saling memperlengkapi dalam pembangunan Tubuh Kristus. Dalam era ini, berbagai seminar diadakan. Sementara air anggur baru dibagikan ke daerah-daerah melalui seminar Hati Bapa, seminar Penuai, Gereja Sekota Berdoa, Konferensi Gereja Sel, lalu muncul pula berbagai ekspresi pelayanan lainnya seperti yayasan harapan bangsa (sekolah Tunas Bangsa), yayasan Bina Mandiri (pelayanan masyarakat), yayasan Media Buana Indonesia (Metanoia), yayasan Kidung Lestari (Mainstream), kegerakan Pria Sejati, kegerakan Wanita Bijak, Persekutuan Pemuda Remaja Gereja (PPRG) dan pelayanan lain-lainnya. Pertumbuhan jemaat yang diiringi dengan multiplikasi area kejemaatan serta komunitas sel, menuntut adanya pertambahan penatua baru. Jeff Hammond telah bergabung sebelumnya menjadi penatua sejak 1997 & dalam 2006 ditambah tiga penatua lagi, yaitu Lukas Winarno, Seno Widjaja & Sumarno Kosasih.

2006-2011
Era Multiplikasi Kegerakan-Kegerakan
Setelah ditetapkan para penatua baru, multiplikasi Jemaat Abbalove Ministries terus berlanjut, bahkan multiplikasi dan pertumbuhan juga terjadi dengan dahsyat di berbagai kegerakan yang lahir dari Abbalove. Kegerakan pelayanan ini kemudian berkembang bukan lagi menjadi milik Abbalove semata tetapi berkembang menjadi pelayanan Tubuh Kristus seperti Bless Indonesia Partnership, Pria Sejati, Wanita Bijak, Kingdom Busines Community, GEN-B, pelayanan gereja anak KEG A, pelayanan keluarga, pelayanan misi & berbagai pelayanan lainnya. Dampak dari gerakan pelayanan ini sangat terasa, baik dalam negeri bahkan luar negeri. Dalam perkembangannya, peranan para penatua dan para pemimpin Abbalove Ministries, sudah mulai diperluas menjadi berkat besar bagi kegerakan Tubuh Kristus. Sebenarnya ini merupakan era dimana muncul pelayan-pelayan yang sudah mulai berfungsi sebagai Lima Jawatan (Rasul, Nabi, Pengajar, Penginjil, Gembala / Efesus 4:11), dimana mereka memiliki kapasitas untuk mementor kegerakan & gereja di berbagai tempat di seluruh Indonesia & luar Indonesia seperti USA, Korea, Mongolia, Rusia, Timur Tengah, Hongaria dan berbagai tempat lainnya.

2012-2020
Era Multiplikasi Visi dan Kantong Kulit yang Baru
Tekanan dari pertumbuhan tentu akan membawa tantangan baru. Kantong kulit yang lama ternyata tidak lagi mampu menampung air anggur baru. Harus ada pembaharuan. Harus ada multiplikasi. Harus ada fleksibilitas untuk tetap memiliki kantong kulit yang baru supaya kita sanggup menerima air anggur yang baru. Untuk itu kita perlu melihat pendewasaan dan multiplikasi seluruh Abbalove Ministries. Area-area kejemaatan perlu memiliki penatua-penatua lokal. Abbalove Ministries dan Tubuh Kristus memerlukan pelayanan 5 Jawatan. Tiap RT/RW di Jakarta memerlukan kehadiran komunitas-komunitas sel yang menyatakan kasih Tuhan. Tiap suku yang belum terlayani perlu dilahirkan komunitas orang percaya disana. Kita hanya akan menggenapi visi ini kalau kita memilih arah yang benar. Apakah kita mau membangun Kerajaan Abbalove Ministries atau Kerajaan Allah? Apakah kita mau ke Babel atau ke Yerusalem Baru? Pilihan kita akan menentukan apakah kita akan menjadi kegerakan yang tidak lagi releven untuk maksud dan tujuan Allah atau kita akan dipakai menjadi suatu alat ajaib di dalam tangan Tuhan. Pilihan adalah tanggung-jawab kita. Jangan sampai kita salah memilih.

GOD's ETERNAL PURPOSE

Abbalove Monthly Updates

CINTA INDONESIA

  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing