Saat Teduh BUILD! (Nov 2013)

Jumat, 01 November 2013

KONDISI HATI MANUSIA

Bacaan Firman
Bacalah Markus 7:20-23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Menurut Kristus, hal apakah yang menajiskan seseorang? (ayat 20). Hal apakah yang keluar dari hati manusia? (ayat 21-23).
2. Menurut Anda, dimanakah manusia menyimpan pikiran-pikiran di dalam dirinya?

Ternyata hal-hal yang menajiskan hidup manusia bukanlah apa yang masuk dari luar, seperti makanan dan minuman, yang dianggap najis / haram (Markus 7:19). Hal-hal yang menajiskan hidup manusia adalah pikiran-pikiran jahat yang timbul dari dalam hati manusia. Dari manakah pikiran-pikiran tersebut muncul? Kini di zaman modern, ilmu pengetahuan mengenai otak bisa menjelaskan hal itu. Menurut ilmu tentang otak, manusia menyimpan semua “pikiran-pikiran yang berkesan” di dalam bagian otak yang disebut memori bawah sadar. Pikiran-pikiran yang terekam dalam pikiran bawah sadar tersebut telah siap diputar (beroperasi) jika ada pemicu, berupa informasi-informasi yang masuk melalui panca indera manusia. Pada saat ada pemicu, maka seseorang secara otomatis bisa melakukan dosa percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan dan sebagainya. Hal itu terjadi karena di dalam memori (rekaman) bawah sadarnya telah terekam pikiran-pikiran tersebut. Jadi, apakah Anda mau terus-menerus menyimpannya di dalam alam bawah sadar Anda? Ataukah Anda rindu agar Tuhan menghapuskan hal-hal jahat tersebut dan menggantinya dengan hal-hal yang baik? Marilah kita memperbaharui diri kita dengan menggunakan renungan Saat Teduh bulan ini.

Praktek
1. Pada saat membaca Markus 7:20-23, Roh Kudus menerangi hati dan menyatakan pikiran-pikiran jahat / berdosa yang terekam dalam memori bawah sadar. Temukanlah pikiran itu.
2. Menanam firman Tuhan: renungkan dan perkatakan Mazmur 119:10-11 berulang-ulang.

 
More Articles...
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing