Saat Teduh BUILD! (Des 2013)

Minggu, 01 Desember 2013

MULTIPLIKASI GAYA HIDUP ALLAH

Bacaan Firman
Bacalah Kejadian 1:26-28 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Menurut gambar dan rupa siapa manusia dijadikan Allah? (ayat 26). Menurut gambar siapakah manusia (pria dan wanita) diciptakanNya? (ayat 27).
2. Hal apakah yang dilakukan oleh Allah? (ayat 28).

Multiplikasi adalah salah satu kata yang paling banyak ditulis dalam seluruh Alkitab. Multiplikasi bukanlah berasal dari ide manusia, sebab Allahlah yang mula-mula menginisiasi multiplikasi. Sebelum dunia dijadikan, Allah mempraktekkan gaya hidup saling mengasihi dan saling tinggal (Yoh 14:10;17:24; 14:31). Inilah hidup kekal itu sendiri. Dari kata saling “tinggal” (berdiam) itulah, maka kita memperoleh konsep “rumah”. Allah tidak tinggal di dalam gedung atau sebuah tempat lain mana pun. Allah saling tinggal di antara ketiga pribadi Allah Tritunggal. Itulah rumah Allah. Karena Allah menikmati gaya hidup itu, maka Ia ingin melipatgandakan gaya hidup itu kepada manusia, ciptaanNya yang tertinggi. Oleh sebab itu, Allah yang adalah “Kita” (jamak) menciptakan manusia menurut gambar dan rupa “Kita” (jamak) itu. Allah ingin memultiplikasikan gaya hidup “Kita” itu kepada manusia (ayat 26). Lalu, bagaimana manusia bisa bergaya hidup seperti Allah Tritunggal, yang adalah “Kita”? Allah harus menciptakan kita menurut gambarNya (tunggal). Menurut gambar (tunggal) siapakah manusia diciptakan? Inilah gambar Kristus, Allah pribadi kedua. Mengapa? Sebab diantara ketiga pribadi Tritunggal, Kristuslah gambar Allah (Ibrani 1:3). Ternyata, sebelum dunia dijadikan, kita telah ditentukan untuk menjadi serupa dengan gambaran AnakNya, supaya Ia, Anak itu menjadi yang sulung diantara banyak saudara (Roma 8:29-30). Jadi, Allah memerintahkan kepada kita untuk melipatgandakan komunitas-komunitas manusia yang bergaya hidup saling mengasihi, saling tinggal, dan yang karakternya serupa Kristus.

Praktek
1. Sudahkah Anda memutuskan untuk mempraktekkan dengan serius gaya hidup saling tinggal dan saling mengasihi dalam komunitas agar bertumbuh dalam karakter Kristus?
2. Menanam firman: Renungkan dan praktekkan Kejadian 1:27-28 berulang-ulang.

 
More Articles...
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing