Latar Belakang & Sejarah Konflik Timur Tengah

Siapakah Penduduk Asli Wilayah Palestina-Israel?

Di dalam seri artikel ini, saya akan  mengungkapkan sejarah dan nubuatan tentang daerah yang memikat perhatian dunia dan yang merupakan daerah inti lahirnya tiga agama yang sangat berpengaruh di dunia masa kini: Yahudi, Kristen dan Islam.

Tidak ada tempat lain di dunia yang penuh misteri, rahasia dan bahaya seperti Israel. Bangsa itu adalah bangsa “sulung” dalam rencana Allah dari antara segala bangsa, “Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung,” (Keluaran 4:22).Israel juga merupakan “thermometer” atau pengukur suhu apa yang sedang terjadi di dunia, dan secara khusus, tentang nubuatan-nubuatan akhir zaman.

Presiden Iran, Ahmadinejad, sudah mengancam Israel dan mengatakan Israel adalah kanker di Timur Tengah yang harus disingkirkan. Untuk itu, Iran sedang mengejar pembuatan bom nuklir. Apakah Israel akan mengizinkan Iran mendapat bom nuklir ataukah dalam waktu dekat Israel akan meyerang Iran dan membom semua instalasi nuklirnya?

 

Latar Belakang & Sejarah Konflik Timur Tengah (2)

Allah Berkuasa di Wilayah Palestina-Israel – Daniel 2

Sejarah Wilayah Palestina-Israel ada di tangan Allah.

Sejak Allah berfirman kepada Musa dalam Keluaran 6:7, Palestina dinyatakan sebagai milik Allah sendiri yang diserahkan-Nya kepada bangsa Israel. Bahwa tanah itu diserahkan Allah kepada Israel secara sah diteguhkan dalam Al-Qur’an, Surah Al Maidah 5:20-21.

Namun, Israel ternyata adalah bangsa yang keras kepala, pemberontak dan pelanggar hukum Allah di sepanjang sejarah, sehingga mereka seringkali dimurkai oleh Tuhan karena dosa-dosanya.

Setelah masa jaya Israel dalam pemerintahan Saul, Daud dan Solomo, terjadilah perpecahan sehingga muncul dua kerajaan di Israel sekitar tahun 922sM. Sepuluh suku di bagian utara Israel yang disebut Bani Israel, berpisah dari dua suku di bagian selatan Israel yang disebut Bani Yehuda. Perpecahan ini membuat dilema bagi Bani Israel karena pusat ibadah dan Bait Suci ada di Yerusalem di daerah Bani Yehuda. Oleh sebab itu, Bani Israel membuat pusat ibadah baru di Dan di bagian utara.

 
More Articles...
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing