Saat Teduh Build (Apr 2012)

Bahan Saat Teduh 2 - 8 Apr 2012

Senin, 02/04/2012

SEORANG MURID MEMILIKI HATI NURANI YANG MURNI

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 24:16 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan:
1. Apa yang selalu diusahakan oleh Paulus di dalam hidupnya?
2. Apakah Anda juga memiliki kerinduan seperti Paulus dan mengusahakannya?

Setiap manusia telah diciptakan oleh Tuhan dengan hati nurani yang murni atau suara hati yang bersih. Hati nurani adalah alarm yang ditempatkan Tuhan dalam hati manusia untuk memberi tanda peringatan jika ada yang melanggar hukum Tuhan atau melakukan kejahatan. Sekalipun orang tersebut belum percaya pada Tuhan, tapi bila ia melakukan kejahatan, maka hati nuraninya memberi peringatan atau teguran kepada dia dengan cara hati yang berdebar-debar. Jika ia terus-menerus berbuat jahat dan mengabaikan hati nuraninya, maka ia akan kehilangan kepekaan nuraninya. Jika ia tetap berbuat jahat, maka ia tidak akan merasa lagi bahwa kejahatan yang dilakukan adalah dosa. Bila ia terus-menerus berbuat dosa, maka dosa akan terbentuk menjadi kebiasaan atau karakternya.

Hati nurani bisa terganggu jika ada seseorang berbuat jahat kepada kita atau orang lain. Rasul Paulus senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia. Untuk memiliki hati nurani yang murni, ia harus menghadapi berbagai macam tuduhan palsu dari orang-orang yang membencinya. Paulus percaya bahwa ia harus bersikap benar, agar hati nuraninya tetap murni. Ia percaya bahwa Tuhan adalah Hakim yang akan menghakimi dengan adil. Bagaimana dengan hati nurani kita saat ini? Mari tingkatkan kepekaan akan dosa dengan menjaga hati nurani kita tetap murni. Semakin bersih dan murni hati nurani kita, maka kita juga akan makin peka terhadap kejahatan yang terjadi. Tuhan menuntun kita melalui hati nurani agar kita mendengar dan melakukan kehendak-Nya.

Renungan Firman
Masih adakah dosa yang Anda lakukan, namun hati nurani tak terganggu lagi? Carilah nasihat di komsel untuk membereskan kesalahan /dosa tersebut. Bagikan pengalaman Anda di komsel tentang bagaimana menjaga hati nurani tetap murni.

 
More Articles...

GOD's ETERNAL PURPOSE

Abbalove Monthly Updates

CINTA INDONESIA

  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing
  • Metanoia Publishing